Open top menu
Senin, 16 Desember 2019

Majene-IGI Polman
Bertempat di LPMP Provinsi Sulawesi Barat, diadakan Wokrshop "TI untuk Pembelajaran". Hadir sebagai pemateri utama adalah Seorang Guru Berprestasi Tingkat Nasional asal Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, Bapak Herwin Hamid,S.Pd,M.Pd. Selain membawakan materi IT tentang pembelajaran, beliau juga memberikan motivasi bagi-bagi Guru-guru Peserta kegiatan. Adapun para peserta kegiatan adalah guru-guru yang berasal dari semua Kabupaten di Sulawesi Barat, minus Kab Mamasa. Jumlah peserta kurang lebih 31 orang. Kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu dan Minggu tanggal 14-15 Desember 2019

"Saya kira teman-teman di sulbar memiliki kualitas yang tidak kalah dari daerah lain. Hanya perlu dibangunkan dari tidur lama. Apalagi banyak teman-teman yang saya kenal yang memang sudah mahir dalam IT. Jadi mari kita berbuat untuk kemajuan daerah kita" kata beliau dalam salah satu bagian motivasinya.

Ada dua materi yang dibawakan pemateri, yaitu Pembuatan Game Pembelajaran menggunakan Scratch dan Pembuatan Multimedia Pembelajaran kombinasi Power Point dan Ispring. Scratch merupakan aplikasi berbasis koding drag and drop. Di aplikasi ini, peserta tidak perlu mengetik koding yang susah namun cukup menklik dan dipindahkan ke area koding. Hasil materi ini menghasilkan game Pembelajaran yang bisa memotivasi anak-anak untuk mengikuti pembelajaran.
Materi kedua tentang Power Point dan Ispring. Pada materi ini, Pemateri membawakan cara-cara membuat multimedia pembelajaran yang bisa digunakan guru dalam proses pembelajaran. Mulai dari tampilan yang menarik, cara memasukan materi, memperoleh gambar yg cantik serta membuat evaluasi di akhir kegiatan pembelajaran. Kegiatan yg dilakukan pun menggunakan metode Pembelajaran langsung. 
Sebelum dilakukan penutupan di hari kedua, Pemateri yang merupakan Guru Berprestasi tingkat Nasional dan Internasional ini memaparkan salah satu inovasi pembelajaran yang membuat beliau menjadi juara tingkat nasional. semuanya menjadi motivasi yang luar biasa bagi para peserta.
Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar. Salah sati indokator bahwa kgtn ini berhasil ketika 80% mampu menerima dan mengikuti materi dengan baik. Bahkan sampai-sampai kadang waktu coffebreak pun tidak terlalu dipedulikan.. Hanya perlu membuktikannya dengan produk masing-masing peserta dalam masa tenggang waktu 1 bulan.. 
Adapun pelaksanaan dari Kegiatan ini di fasilitasi oleh LPMP Sulbar, dengan ispirasi dari Duta Rumah belajar Sulbar 2018 M.Ilham,S.Pd,M.Pd dan Duta Rumah Belajar sulbar 2019 Hilman Paturusi,S.Pd,M.Pd, sahabat rumah belajar saya sendiri dan Hapri,S.Pd, Namun demikian Ide untuk Mendatangkan Pak Herwin Hamid,S.Pd,M.Pd di Sulawesi Barat adalah Ide dari Kepala LPMP sulawesi Barat, Bapak Sinar Alam.

Penulis : Abdul Mujid,S.Pd,M.Pd (SRB 2019)
Editor : Asim

2 komentar:

  1. How To Make Money from Betting on Sports | Make Money With
    But first you need to realize that betting on the NFL, 메리트 카지노 NBA, 바카라 사이트 NHL, NCAA, or anything หาเงินออนไลน์ in between is impossible without a real money bettor.

    BalasHapus
  2. By constructing elements one layer at a time, 3D printing has additionally turn out to be a method to produce complex geometries with improvements to functional efficiency and decreased material prices. In the material extrusion process, a steady filament of thermoplastic or composite material is heated and disbursed by way of a nozzle, which proceeds to maneuver horizontally and vertically over the construct platform, adding to each layer. A frequent process lots of} HP Stylus Pens inexpensive, home and interest 3D printers, it's a extremely popular additive manufacturing process phrases of|when it comes to|by means of} availability for basic client demand and quality.

    BalasHapus