Open top menu
Kamis, 28 Mei 2020

Suku Mandar - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Foto; Wikipedia

Topik tentang perempuan selalu menjadi bahasan menarik untuk dibicarakan. Terutama bagi kaum Adam. Telah menjadi kodrat bahwa kehidupan seorang lelaki akan terasa hampa tanpa kehadiran makhluk bernama perempuan. Betapa tidak, perempuan memang diciptakan untuk mendampingi lelaki. Semua lelaki normal pasti membutuhkan perempuan untuk menyalurkan cinta kasih yang mengalir dalam jiwanya. Demikian pula sebaliknya. 

Dikatakan, bahwa jika seorang lelaki tidak menemukan perempuan yang dia cintai, dia akan mencintai perempuan yang dia temukan. Hal ini menandakan bahwa kedamaian jiwa lelaki sangat bergantung pada sosok perempuan. Begitu pentingnya perempuan bagi lelaki, sejarah merekam peristiwa pengusiran manusia pertama di dalam surga adalah karena perempuan. Begitu pula pembunuhan pertama antara saudara kandung disebabkan karena perempuan, dan masih banyak lagi sederetan peristiwa besar yang terjadi sebab faktor perempuan. Sehinnga orang bertanya, ada apa dengan perempuan? 

Perubahan unik juga seringkali terjadi ketika perempuan memasuki kehidupan lelaki. Lelaki biasanya secara naluri menjadi seniman, penyair bahkan menjadi pahlawan walaupun kesiangan. Singkat kata, perempuan benar-benar mampu membuat hati dan pikiran lelaki yang keras seperti batu menjadi selembut kapas dan sedingin salju dengan segala pesona dan keindahannya. 

Manusia telah mempelajari dan mengkaji perempuan sudah ratusan tahun, tetapi hingga kini kita belum mengetahui secara utuh siapa dan apa sebenarnya yang diinginkan perempuan. Manusia terus berusaha menggali pengetahuan tentangnya, terutama kaum lelaki agar bisa memahami perempuan luar dalam, karena wanita ingin dimengerti, kata seorang penyanyi ".

Perempuan memiliki sifat penuh perasaan, ia peka terhadap banyak hal dan memliki segudang keindahan, sehingga ada yang mengatakan ; separuh keindahan dunia ada pada perempuan. Tersimpan banyak misteri di balik makhluk yang bernama perempuan, terlebih di dalam hatinya. Sekalipun kita berusaha menyelami kedalamannya seperti menyelami kedalaman samudera, kita tetap tidak akan mampu mengetahui rahasia yang tersimpan di dalam dirinya. 

Memahami perempuan bukanlah yang ia ucapkan, melainkan apa yang tak terucap. Perempuan termasuk rahasia Tuhan di bumi, ia merupakan anugerah bagi dunia, tanpanya dunia tak ada kehidupan. 

Hanya ada satu cara untuk mengintip ruang hati seorang perempuan, bila perlu masuk kedalamnya, yaitu melalui jendela ketulusan. Tetapi untuk mewujudkan harapan itu, seseorang butuh keberuntungan dan kesungguhan. Sehingga hanya sedikit orang yang berhasil memasukinya. 

Keunikan lain yang menyatu dalam diri perempuan adalah ia bisa menjadi madu dan menjadi racun dunia, terutama bagi lelaki. Dia akan menjadi madu dunia ketika ia mampu menjaga kehormatan dirinya dan menyadari betapa berharganya mereka bagi semesta, sebab boleh dikata perempuan yang mulia adalah wakil Tuhan di bumi.

Sebaliknya, perempuan bisa lebih mematikan daripada racun jika dia gagal menjaga kesucian dan kehormatan dirinya. Sebab, fitnah dan godaan perempuan sangat berpotensi meciptakan kerusakan yang maha dahsyat sepanjang waktu, bahkan melebihi senjata pemusnah massal.

Ada ungkapan mengatakan: "seorang anak yang rusak masih bisa menjadi baik asal ia pernah mendapatkan pengasuhan ibu yang baik. Sebaliknya, seorang ibu yang rusak akhlaknya, (dikhawatirkan) hanya akan melahirkan generasi yang rusak pula akhlaknya. Itulah mengapa yang dihancurkan pertama kali oleh pemuja nafsu duniawi adalah perempuan. 

Perempuan diciptakan Tuhan begitu unik dan spesial. Keistimewaan tersebut sangat jelas terlihat baik secara lahiriah maupun secara batin. Setiap perempuan lahir ke dunia dengan membawa rencana Tuhan dan dibekali sifat-sifat kelembutan dan kekuatan dalam jiwanya. Perempuan diibaratkan dengan kaca karena kehalusan dan rentannya mereka dengan perubahan, sebagaimana halnya kaca yang mudah pecah dan tidak bisa menerima kekerasan. 

Sebagaimana kita ketahui, perempuan dan lelaki memiliki kecenderungan yang berbeda. Lelaki lebih cenderung mengandalkan logika, sedangkan perempuan mengandalkan perasaan. Itulah mengapa perempuan mampu melunakkan hati dan pikiran lelaki ketika terjalin suatu hubungan antara keduanya. Perempuan bisa menaklukkan hati seorang lelaki hanya dengan sebuah senyuman, sedangkan lelaki butuh argumentasi hebat untuk meraih simpati seorang perempuan. 

Kekuatan seorang perempuan terletak pada kelembutan dan kehalusan sifatnya, ia lebih mampu bertahan menghadapi goncangan kehidupan dalam berbagai situasi, layaknya rumput yang lembut tidak mudah tumbang oleh badai dibandingkan dengan pohon yang besar dan keras. Bukti lain betapa kuatnya seorang perempuan menjalani sebuah peran dalam drama kehidupan adalah aktivitasnya sebagai pekerja rumah tangga, seperti; memasak, mencuci pakaian, termasuk mengasuh dan merawat anak. Hal tersebut merupakan aktivitas yang kompleks dan sangat melelahkan yang belum tentu mampu dilakukan seorang lelaki dalam waktu yang cukup lama. 

Jika dilihat dari segi ilmu pengetahuan menurut para pakar anatomi otak manusia, ada perbedaan mendasar antara jumlah sel otak perempuan dengan sel otak lelaki. Jumlah sel otak lelaki kurang lebih dua milyar, sedangkan sel otak perempuan lebih sedikit. Walaupun sel otak perempuan tidak sebanyak jumlah sel otak lelaki, kecerdasan tidak selalu dipengaruhi banyaknya sel otak, ada faktor lain yang mempengaruhi, misalnya lingkungan. Tampaknya perbedaan jumlah sel otak menjadi salah satu faktor mengapa perempuan lebih dominan menggunakan perasaan ketimbang logika, lebih tepatnya adalah sensitif. 

Dalam hal ketertarikan terhadap lawan jenis ternyata perilaku perempuan berbeda-beda karena berbagai faktor, termasuk diantaranya adalah tingkatan usia. Sebuah penelitian menunjukkan perempuan yang usianya masih muda lebih tertarik pada pria yang memiliki fisik yang sempurna yang dinilai sebagai bahan standar kebaikan atau ideal. Hal tersebut disebabkan usia remaja dominan mengandalkan pengamatan Indra. Berbeda dengan perempuan yang sudah berusia cukup dewasa, mereka lebih mempertimbangkan sifat dan perilaku yang bisa dirasakan oleh perasaan, tanpa peduli faktor fisik. 

Beberapa orang berpandangan bahwa perempuan juga memiliki jalan pikiran yang rumit, jauh berbeda dengan lelaki yang terkesan berfikir lebih sederhana. Begitu rumitnya jalan pikiran perempuan, ada yang sampai mengatakan bahwa kadang-kadang mereka sendiri tidak paham dengan jalan pikirannya. Kita bisa melihat tak jarang bagi perempuan menemui masalah bahkan sampai stress hanya karena persoalan sepele misalnya, masalah pakaian.

Meskipun di lemari bajunya penuh dengan pakaian, tetapi dia masih saja merasa bingung akan memakai baju apa ketika hendak pergi ke suatu acara. Bahkan merasa tidak memiliki pakain, kurang ini, kurang itu dan berbagai keluhan keluar dari mulutnya. Begitu pun dengan hal lainnya,  mulai dari makanan, pakaian dan urusan orang lain, segalanya dia pikirkan. Tak heran, konon perempuan bisa mengalami bad mood selama lima jam/minggu. 

Intinya, perempuan dengan segala keunikannya merupakan sebuah anugerah sekaligus misteri Ilahi yang sulit dipecahkan sebagaimana sulitnya memahami kitab suci.

Untuk itu setiap perempuan harus menyadari betapa istimewanya mereka di mata Tuhan agar dia benar-benar menjaga amanah dan kehormatan dirinya. Karena kehadirannya adalah sebuah anugerah terindah bagi semesta. 

(Diolah dari berbagai sumber).

Penulis: Hamzah, S.Pd.I
Editor: As'ad Sattari 
Tagged

0 komentar