Open top menu
Sabtu, 30 Mei 2020


Ingin Berinvestasi Untuk Akhirat? Lakukan 3 Hal Ini
KabarMakkah.Com


Saya teringat kisah seorang pengajar di lembaga kursus bahasa Inggris di Jawa. Beliau pernah ditanya perihal mengapa dia rela menghabiskan waktunya menjalani profesi sebagai pengajar kursus yang dianggap tidak memliki masa depan yang cerah. Padahal, bisa saja beliau menjadi orang hebat dan mendapatkan materi melimpah dengan keahliannya yang mumpuni di bidang bahasa. 

Namun, jawaban beliau pada saat itu sangat sederhana tapi penuh makna, yakni: ketahuilah, saya memang melaksanakan ibadah shalat, puasa, zakat dan beberapa kewajiban lain, tetapi saya tidak menjamin itu akan diterima dan disambut baik oleh Tuhan. Jika itu diterima, bukankah itu adalah kewajiban yang memang harus ditunaikan? Lalu apa yang akan saya jadikan sebagai bekal dalam perjalanan menuju kampung halaman (akhirat)? Persediaan apa yang akan saya siapkan untuk mengisi timbangan amal? Saya berharap mudah-mudahan dengan usaha kecil ini, yakni mengajar orang lain, bisa menjadi alasan dan sebab bagi Tuhan menyambut saya dengan kemuliaan ketika menghadap pada-Nya". 

Keikhlasan beliau dalam berbagi ilmu kepada orang lain memang terbukti membuahkan hasil. Hingga kini tdak sedikit pelajar, baik tingkat SMA, mahasiswa maupun masyarakat umum berhasil menguasai bahasa asing lewat usaha dan pengabdian beliau. 

Kita bisa belajar dari pengalaman di atas. Saat kita diberikan kesempatan untuk melakukan kebaikan walau terlihat sederhana, maka kita harus tetap bergegas untuk melakukannya. Melakukan dengan penuh ketulusan dan pengharapan keberkahan kepada Tuhan.

Mungkin sebagian masyarakat kita masih ada yang menganggap bahwa kebaikan-kebaikan “kecil” itu tidak akan berpengaruh besar. Mereka berpikir bahwa perubahan besar harus dengan usaha yang besar. Tetapi, hal-hal yang besar harus diawali dari sesuatu yang kecil sehingga lama-kelamaan yang kecil itu akan menjadi besar. Seperti kata pepatah "sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit". 

Banyak cara menjadi orang besar tanpa harus terkenal dan dikenal. Di antaranya dengan melakukan kebaikan kecil untuk orang-orang lain dan tidak berharap dilihat atau dinilai orang lain. Lupakan jasa dan kebaikan diri, biarkan Tuhan sendiri yang memberi nilai sempurna!

Meskipun terkadang ada hal yang membuat kita kecewa dan akan selalu ada orang yang tak senang dengan apa yang kita lakukan, tetapi jika kita berusaha melihat sisi baiknya, maka kekecewaan itu bisa berubah menjadi rasa syukur. 

Harus disadari bahwa seribu kebaikan yang telah kita lakukan tidak menjamin orang lain bisa menutup mata melihat satu kesalahan kecil yang kita lakukan. Sebagaimana halnya jika selembar kertas putih, kemudian kita berikan satu titik hitam di tengahnya maka sebagian besar orang akan fokus melihat pada titik hitam itu. Orang-orang tidak memperdulikan bahwa sebenarnya banyak bagian putih pada kertas itu.

Di luar sana tak jarang kita menyaksikan beberapa orang yang melakukan kebaikan hanya untuk mendapat penilaian dari manusia, sehingga ketika yang diharapkan tak sesuai dengan yang direncanakan, maka biasanya ia akan kecewa dan merasa menyesal telah melakukan kebaikan.

Untuk itulah kita jangan pernah meremehkan kebaikan walau sekecil apapun. Barangkali kita masuk surga bukan karena amal kewajiban yang sudah kita kerjakan dengan rutin, melainkan kebaikan kecil yang dilakukan penuh keikhlasan. Meremehkan kebaikan-kebaikan kecil adalah kekeliruan yang nyata dan termasuk bentuk lain dari kesombongan yang terselubung.

Sudah banyak peristiwa sejarah yang bercerita bahwa kebaikan-kebaikan kecil akan mendatangkan kebaikan hidup yang besar. Jika kita hendak merenung, sejatinya alam raya ini menyimpan banyak petunjuk menuju jalan kemuliaan.

Banyak hal yang telah dikirim oleh Tuhan dalam ruang hidup kita masing-masing untuk digunakan sebagai tangga menujuk puncak kemuliaan di antaranya kebaikan kecil. Kesempatan merawat orang tua, peduli keluarga yang membutuhkan bantuan, menuntun orang menyebrangi jalan, bahkan membantu semut agar tidak terinjak pun termasuk jalan kebaikan yang dapat memuliakan pelakunya. an masih banyak lagi bentuk kebaikan kecil yang patut kita kerjakan.

Semua kebaikan sederhana di atas bisa menjadi investasi nanti diakhirat asal kita melakukannya dengan ikhlas. Tidak perlu menunggu waktu yang pas atau menunggu hebat terlebih dahulu untuk melakukan kebaikan.

Di akhirat nanti yang akan dipertanggung jawabkan bukan berapa jumlah buku atau kitab yang telah kita kaji, bukan seberapa sering kita berdiskusi dan berdebat tentang agama, bukan seberapa indah dan berwibawa pakaian yang kita pakai, bukan pula seberapa kuat kita memegang ideologi atau madzhab yang kita pilih, tetapi yang akan ditanya adalah tentang amal baik dan buruk kita.

Melihat komplitnya persoalan yang dihadapi manusia hari ini, kita bisa membayangkan betapa repotnya nanti urusan di akhirat terkait pertanggungjawaban di hadapan Tuhan atas kehidupan yang kita jalani.

Berhati-hatilah terlalu asyik bersantai menghabiskan waktu bergembira. Luangkan waktu merenungi keadaan di akhirat nanti karena suatu saat nanti kita akan mempertanggungjawabkan semuanya. 

Akan datang saat-saat yang menakutkan bernama kematian. Ia datang secara tiba-tiba. Kita hanya menunggu antrian untuk dipanggil. Ingatlah kuburan adalah tempat yang sangat menakutkan. Jangan sampai kita lebih sibuk dan fokus mengurusi persoalan bungkusan luar dan berkutat pada wacana keagamaan, sehingga lupa dengan substansi beragama, yaitu memperbanyak amal untuk investasi di akhirat nanti.

Penulis: Hamzah, S.Pd.I
Editor: As'ad Sattari
Tagged

1 komentar:

  1. Left to proper paying slot machines are designed, so high-paying symbols are frequently on the first reel, slightly less frequent on the 2nd reel, less on the third reel, less yet on 카지노 사이트 the 4th reel, and very rarely on the final reel. Slot producers use another trick to give you the feeling of probably successful and lacking out on the final couple of reels. Choose the lowest denomination potential for the slot machine you want to play. This will permit you to play the slot machine for longer periods of time and can maximize your gaming experience.

    BalasHapus