Open top menu
Minggu, 31 Mei 2020


Ini Rahasia Kecantikan Perempuan Arab
foto: Jurnas.com

Keinginan untuk terlihat cantik adalah naluri yang melekat pada diri setiap perempuan. Kecantikan merupakan anugerah Tuhan bagi mereka. Namun, ukuran kecantikan sesungguhnya sangatlah beraneka ragam. Setiap orang memiliki standar atau selera kecantikan masing-masing menurut subjektivitasnya.

Cantik sebenarnya adalah sesuatu yang sifatnya relatif. Ada yang senang dengan perempuan kurus, ada yang suka gemuk, ada yang terpesona dengan keindahan warna kulit, dan ada juga yang terpana dengan sikap santun serta kelembutannya. Perempuan yang kita anggap cantik belum tentu juga terlihat cantik menurut pandangan orang lain. Sehingga, kita bisa mengatakan tidak ada perempuan yang jelek, kerena semua tergantung selera. Walaupun begitu, kecantikan yang melekat pada seorang perempuan tetap saja membutuhkan perubahan bagi sebagian besar kaum perempuan sesuai dengan kebutuhan zaman dan lingkungan.

Kecantikan adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari perempuan yang menjadi daya tarik bagi kaum lelaki. Buktinya, perhatian paling besar kaum lelaki terhadap perempuan sering tertuju pada kecantikannya. Sehingga sesuatu yang wajar jika ada ungkapan mengatakan "seni paling indah adalah (kecantikan) perempuan". Karena inilah, tak jarang bagi perempuan rela merogoh koceknya demi mendapatkan dan merawat kecantikan wajahnya.

Di zaman sekarang terapi dan perawatan kecantikan setiap hari semakin marak. Bahkan tak sedikit diantara kaum perempuan tak segan melakukan operasi plastik dengan biaya selangit demi sebuah obsesi agar tetap terlihat makin cantik dan tentunya agar semakin percaya diri. Mereka melakukan itu seakan kecantikan adalah segalanya. 

Seiring pesatnya perkembangan zaman, ukuran kecantikan pun kini mulai berubah. Standar kecantikan hari ini lebih dipengaruhi oleh media, di samping kualitas make up yang digunakan. Betapa banyak perempuan modern sekarang sangat jauh dari wujud aslinya, karena seringnya menampilkan kecantikan hasil "editan" dari aplikasi untuk meraih standar kecantikan yang ditentukan oleh media dan penilaian para pelaku bisnis. 

Maka tak heran jika kecantikan perempuan sering dijadikan objek daya tarik untuk kepentingan bisnis. Sehingga, perlahan tapi pasti standar kecantikan yang ditentukan oleh media kemungkinan besar akan merusak mental dan gaya hidup perempuan.

Besarnya keinginan seorang perempuan untuk terlihat cantik membuatnya berfikir untuk melakukan berbagai cara agar terlihat semakin cantik dan mempesona. Kecantikan bagi perempuan adalah keharusan, ia bagaikan nafas, seperti oksigen yang harus mereka hirup untuk membuat jantung tetap berdenyut dan sel-sel tubuh tumbuh.

Tidak ada parameter khusus untuk menetapkan kriteria cantik, karena kecantikan tidak bisa diukur berdasarkan standarisasi yang ditetapkan oleh kalangan tertentu. Masing-masing orang memiliki konsep individual dalam memaknai sebuah kecantikan. Kaum perempuan semestinya menyadari bahwa kecantikan yang murni terpancar pada jiwanya.

Agama menganjurkan untuk memadukan keindahan fisik dan jiwa. Selain memperhatikan keindahan fisik, perempuan juga harus memperhatikan keindahan jiwa agar kecantikannya tidak hanya bersumber dari luar, tetapi juga memancar dari dalam yang biasa kita sebut dengan 'inner beauty' (kecantikan dari dalam). Kecanttikan ini mampu menawan hati setiap orang. 

Sebenarnya, ada tips kecantikan yang ringan dan gratis menurut para ahli, yaitu membiasakan senyum manis dan tulus. Senyum tidak bisa dianggap remeh, sebab senyum dapat menjaga kecantikan dan keanggunan perempuan. Bahkan senyum dapat mencegah penuaan dini.

Seperti diketahui dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang tersenyum dibanding cemberut. Beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Namun beberapa lainnya menyebutkan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum.

Senyum juga akan menjadi tanda atau isyarat bahwa mental kita masih sehat dan kuat menghadapi masalah. Dengan membiasakan senyum tulus akan menjadikan pelakunya lebih optimis, percaya diri dan tentunya akan tetap mempesona. 

Jadi, cantiklah dengan senyuman, karena setiap senyum adalah ungkapan hati paling jujur yang langsung merasuk ke dalam hati dan lebih baik dari seribu kata mutiara.


Penulis: Hamzah, S.Pd.I
Editor: As'ad Sattari
Tagged

0 komentar